BOOK REVIEW – DARE TO CHANGE

Judul : Dare to Change
Penulis : Timotius Adi Tan
Penerbit : Metalexia Publishing
Cetakan : II, Maret 2008
Tebal Buku : xiv + 152 halaman
Harga : Rp 29.900,-

Buku ini benar-benar memberikan ‘pencerahan’ bagi siapapun yang ingin mengalami perubahan dalam hidupnya. Hanya perubahanlah yang dibutuhkan oleh mereka yang ingin hidupnya lebih baik: dari tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak sanggup menjadi sanggup, dan dari yang tidak ada menjadi ada. Dalam buku ini, Timotius Adi Tan mengemukakan bahwa keberanian (dare) adalah kunci utama menuju perubahan. Dalam pendahuluannya, buku ini menjelaskan mengapa orang-orang tidak memiliki keberanian untuk berubah, apa saja yang dapat berubah dan apa saja yang tidak, serta bagaimana mengambil dan membuat keputusan. Timotius juga mengemukakan tujuh hal yang tidak boleh berubah meliputi: Tuhan, diri kita, kebiasaan baik, sifat keingintahuan, pandangan bahwa dunia ini indah, pikiran yang terbuka, dan kasih sayang.

Dalam bab-bab selanjutnya, Timotius menjabarkan hal-hal pokok dari akronim DARE yang terdiri dari empat bagian besar:
Dream  Kita akan bersemangat untuk mengubah pikiran lama bila memiliki mimpi.
Attitude  Sikap yang baik diperlukan untuk menghadapi akibat dan keadaan dari perubahan.
Relationship  Perubahan dapat berhasil karena adanya hubungan yang berjalan lancar.
Excellence  Arti keberhasilan yang luar biasa yang menjadi impian kita.

Dengan dilengkapi oleh ilustrasi-ilustrasi cerita dan gambar karikatur yang menarik serta gaya bahasa yang sangat mudah dicerna, buku ini menjadi sangat menarik. Beragam ilustrasi yang menarik ini mapu membawa kita lebih memahami pokok-pokok DARE yang dibutuhkan oleh seseorang untuk berubah.

Salah satu contoh ilustrasi untuk mengungkapkan pentingnya mimpi (dream), misalnya, mengangkat kisah nyata Charles Dickens. Dickens yang miskin memiliki impian untuk menjadi seorang penulis dan sastrawan. Untuk itu setiap malam Dickens belajar menulis di bawah sinar lampu remang-remang. Ia belajar membuat karangan dan mengirimkan tulisannya pada sebuah surat kabar yang terbit di London. Dickens menulis sebanyak lebih dari 166 kali yang terus menerus dibuang oleh sang redaktur. Redaksi surat yang kewalahan menghadapi terhadap semangat pantang menyerah anak ini akhirnya memuat tulisan Dickens pada bagian iklan. Dickens membacanya tulisan yang dimuat ini dengan air mata bercucuran. Dari gudang remang dan dihimpit kemiskinan inilah lahir seorang Charles Dickens. Berikutnya, kita tahu bahwa Dickens adalah sastrawan terkenal dunia dengan karya-karya antara lain adalah Oliver Twist, Tale of Two Cities, American Notes, Christmas Carol, dan lain-lain.

Pada bagian akhir bukunya, Timotius mengisahkan dua hal. Pertama adalah pengalamannya sendiri dari seseorang dengan latar belakang miskin dan putus asa hingga nyaris bunuh diri menjadi seseorang berhasil dalam mencapai pilihan hidupnya. Kedua, ibarat empat sehat lima sempurna, pelengkap dari seluruh DARE yang dibutuhkan oleh seseorang untuk berubah adalah menyerahkan seluruh mimpi dan perjuangan kita kepada Tuhan. Bagaimanapun, kita sangat membutuhkan sentuhanNya untuk kembali menguatkan dan membetulkan perubahan yang dilakukan, mimpi yang kita miliki, kekayaan sikap yang terbaik dari perjuangan kita. Jangan pernah salah untuk mengambil keputusan karena hidup kita akan sangat tergantung padanya. Setelah keputusan diambil, bawa dan serahkan pada Tuhan karena hanya Dialah yang tahu apa yang terbaik bagi kita. Dengan kata lain, perubahan tidak terjadi karena kekuatan pikiran kita namun terjadi ketika kita menyerahkan segala sesuatunya pada Tuhan dan melaksanakan DARE dengan tekun dalam kehidupan sehari-hari. Buku yang patut dimiliki oleh siapapun yang menginginkan perubahan dalam hidupnya. Mari berubah!

Advertisements

3 thoughts on “BOOK REVIEW – DARE TO CHANGE

  1. Buku ini bagus banget. Saya sangat bersemangat membaca buku ini.

    Karena saya tidak punya sendiri buku ini, bolehkah saya meminta email Pak Adi Tan?

    Terima kasih sebelumnya.

    Tuhan memberkati anda semua,
    GBU all 🙂

  2. pa tim,aku tuh mula mulanya dapet buku ini dari kuiz di sebuah radio…trus,lama lama aku tuh ngerasa sukaaaaa bgt ama buku ini.Pas dapet suatu masalah,aku tuh ngerasa hidup aku tuh udah abis,Tapi Puji Tuhan aku tuh baca buku ini dan dapet banget kekuatan dari setiap kata kata yg ada di buku ini.aku tuh tau aku harus berubah,bukan orang lain yg berubah!makasih ya Pa tim!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s