BOOK REVIEW – Politik Global dalam Teori & Praktik

Judul : Politik Global dalam Teori & Praktik
Penulis : Prof. Aleksius Jemadu, Ph.D
Penerbit : Graha Ilmu
Cetakan : I, Juni 2008
Tebal Buku : viii + 362 halaman
Harga : Rp 80.000,-

Buku yang terdiri dari delapan bab ini, memaparkan beragam fenomena politik global dalam tataran teori dan praktik. Keunggulan utama dari buku ini adalah gaya pemaparannya yang sistematis mulai dari teori, contoh kasus, simpulan, hingga preskripsi-preskripsi yang dapat bermanfaat bagi para pembuat kebijakan dan masyarakat Indonesia.

Isu-isu global yang diangkat dalam buku ini, cukup mewakili fenomena politik global yang banyak diperbincangkan komunitas internasional dewasa ini seperti isu-isu yang terkait demokratisasi (bab 3), keamanan dan terorisme global (bab 4), konflik internal (bab 5), globalisasi ekonomi (bab 6), HAM (bab 7), dan isu lingkungan hidup (bab 8). Dalam tiap babnya, penulis mampu memaparkan beragam fenomena ini secara kritis dan analitis dengan kajian yang bersifat empiris namun sangat aplikatif dalam beragam perspektif.

Beberapa bagian dalam buku ini pun ‘memaksa’ kita untuk merenung dan mengkaji ulang posisi Indonesia dalam percaturan politik global. Dalam bab 6 tentang globalisasi ekonomi, misalnya, penulis memaparkan bahwa factor kunci untuk membangun iklim yang kondusif bagi investasi bukanlah tipe rejim politik (hlm 254). Pada kenyataannya, rejim demokrasi ternyata belum mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi seperti yang dilakukan oleh rejim otoritarian Orde Baru. Menurut penulis, faktor kuncinya justru terletak pada penegakkan hukum yang adil dan adanya jaminan property rights secara efektif dan kredibel.

Dalam kalimat lainnya, penulis memaparkan kembali ajakan dari Martin Wolf (penulis buku Why Globalization Works) agar negara miskin mengintegrasikan diri ke dalam pasar global serta memanfaatkan keunggulan komparatif yang dimilikinya sehingga tidak menjadi loser dalam globalisasi ekonomi. Selain memberikan preskripsi, ajakan ini juga sangat menggelitik karena akan melahirkan analisis baru untuk menjawab pertanyaan semisal: “Lantas apa sebenarnya keunggulan komparatif yang dimiliki Indonesia yang kompetitif dalam kancah globalisasi ekonomi?”

Buku ini juga memberikan kasus-kasus yang relatif aktual sebagai contoh aplikasi dari teori yang bersifat abstrak. Bab 8 yang membahas isu lingkungan hidup, misalnya, membahas fenomena menarik terkait tarik-menarik kepentingan yang terjadi seputar berlangsungnya Konferensi tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) yang diselenggarakan di Bali, Desember 2007 silam.

Secara umum, buku ini mampu menjelaskan beragam teori politik global secara down to earth sehingga mempermudah pembaca untuk memahami fenomena global secara empiris sekaligus aplikatif tanpa meninggalkan sikap kritis. Akhir kata, di tengah langkanya buku teks empiris berbahasa Indonesia yang mengkaji isu-isu mutakhir dalam percaturan politik global kontemporer, buku ini akan sangat bermanfaat tidak saja bagi para pengamat Hubungan Internasional tapi juga bagi siapapun yang berminat pada kajian politik global.

Selamat membaca dan selamat bekerja untuk masa depan Indonesia yang lebih baik!

Advertisements

8 thoughts on “BOOK REVIEW – Politik Global dalam Teori & Praktik

  1. harga mahal bangeetttttt sich and fuck!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Ehm, tapi kayanya sesuai banget sama isi n tebel buku. Ini salah satu buku yang cara penyajiannya bagus krn dilengkapi sama contoh-contoh kasus nyata yang kontemporer. Menurut gw harga segitu cukup urgent sama kualitas isinya apalagi skrg harga kertas emang naik nggak kira2. ^_^

  3. kira-kira bisa dapetin bukunya dimana ya? berapa ya harganya? atau ada tidak ya, ebook-nya?
    terima kasih.

  4. kira – kira buku tersebut tersedia dimana saja untuk wilayah semarang, karena saya suda cari – cari tapi belum ketemu (tolong kasih tau aku dan kirim infonya ke E-mail aku)
    kalo masalah harganya aku kira gak terlalu mahal, dibandingkan dengan ilmu-ilmu atau harga dari isinya (kan ilmu itu mahal.

  5. Oya? Wah, kalau begitu saya juga kurang tahu.. Maaf.. ^^ Setahu saya buku-buku terbitan Graha Ilmu memang butuh perjuangan lebih untuk mencarinya. Yang jelas markasnya Graha Ilmu adalah di Yogyakarta. Kalau di luar itu mungkin bisa dicari di toko-toko buku alternatif. Atau bisa hubungi alamat email saya silvietanaga@yahoo.com.sg. Nanti saya infokan lebih lanjut melalui beberapa link. Thx!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s