Lebih Dalam Mengenal iPad

“A new gadget that lasts only five minutes is worth more than an immortal

work that bores everyone.”

 

Francis Picabia (French Painter and Illustrator, 1879-1953)


(The New York Times) Produk iPad begitu marak dibicarakan orang. Menelang peluncurannya, iPad begitu dinanti-nanti para penggemar Apple. BBC bahkan melaporkan bahwa para karyawan Apple pun belum pernah melihatnya. Penasaran? Nah, ada baiknya Anda mengenal kelebihan dan kelemahan fitur-fitur gadget teranyar ini sebelum memesannya.

 

Pada dasarnya, iPad produksi Apple, Inc. merupakan iPod Touch raksasa.

 

Dengan tebal setengah inci, layar kaca di seluruh bagian, alumunium di bagian belakang, iPad nyaris tidak memiliki tombol sama sekali, hanya sebuah tombol besar di bawah layer. iPad membawa Anda pada layar ‘Home’ penuh aplikasi seperti pada iPhone.

Anda menjalankan iPad dengan menekan dan menyeret kaca dengan jari-jari Anda, seperti pada iPhone. Layar seluas 9,7 inci tersebut sangat mengilap, setiap sidik jari menjadi sangat tidak jelas.

iPad memiliki sebuah aplikasi pembaca e-book yang diprediksi masih sulit untuk menyelamatkan industri surat kabar dan buku. Jumlah buku yang dapat ditampung masih terbilang sedikit yakni 60.000 judul. Selain itu, Anda tidak dapat membaca iPad dengan baik di bawah sinar matahari langsung.

 

Dengan berat 1,5 kilogram, iPad akan terasa berat di tangan Anda, sesaat setelah Anda memegangnya (sebagai perbandingan, berat Kindle adalah 10 ons). Anda pun tidak bisa membaca buku-buku dari toko buku Apple pada mesin lainnya, bahkan Anda tak dapat membaca buku-buku tersebut dari Mac ataupun iPhone.

Ketika iPad berada dalam posisi tegak, mengetik pada keyboard di layar menjadi tidak nyaman. Ketika iPad dimiringkan 90 derajat, keyboard menjadi nyaris tidak berguna karena ukuran layar iPad lebih besar.

Setidaknya, Apple memberikan sebuah prosesor iPad sangat cepat. Berselancar di dunia maya menjadi sangat nyaman daripada menggunakan layar kecil iPhone. Mengapa? Pertama, akses internet jauh lebih cepat. Kedua, Anda tidak perlu melakukan banyak zooming dan panning.

Tapi iPad tidak dapat memutar video Flash. Baterai memang menjadi tidak cepat habis namun ribuan situs Web muncul dengan kotak putih kosong di iPad – tempat di mana video atau animasi seharusnya muncul.

YouTube, Vimeo, TED.com, CBS.com dan beberapa situs lain yang memang telah mengonversi video mereka untuk iPad/iPhone /touch-format yang kompatibel. Tapi semua situs berita dan situs game masih menggunakan Flash.

 

 

iPad tidak dapat melakukan multitasking dengan baik. Seperti halnya iPhone, iPad hanya dapat melakukan aplikasi pada satu waktu. Ipad juga tidak memiliki U.S.B. jack dan kamera. Artinya? Selamat tinggal video chatting Skype!

 

Intinya, Anda tidak mendapatkan sebuah laptop untuk keyboard yang lengkap, DVD, USB jacks, kamera-card slot, kamera, dan lainnya. Jika Anda sudah punya laptop dan smartphone, apakah Anda masih perlu membeli ‘mesin ketiga?’

 

Keunggulannya, dengan tindakan sederhana yakni menyentuh, Anda dapat membuat perubahan pada layar. Peta menjadi nyata seperti kertas. Anda bisa masuk ke kotak  e-mail dengan pesan yang terbuka secara bersamaan. Layar yang lebar juga lebih mengisi bidang pandang Anda.

 

Membaca iBooks di iPad pun amat menggemaskan. Saat Anda menghidupkan halaman, posisi jari Anda yang bergerak cepat membuat ujung halaman kertas yang berwujud animasi menjadi seolah-olah ikal.

 

Font, ukuran dan kontrol kecerahan muncul ketika Anda menekan perintah. Tekan kata untuk mendapatkan definisi kamus. Anda juga dapat mencarinya di Google atau Wikipedia. Bahkan ada sebuah kunci saklar rotasi di tepi iPad sehingga Anda dapat membacanya di tempat tidur tanpa takut gambar akan berputar.

Anda juga dapat membeli layanan AT & T sehingga Anda bisa online di mana saja. (IPads Seluler tidak tersedia sampai bulan depan, yang tersedia hanya layanan Wi-Fi).

Dengan menekan sebuah tombol pada pengaturan, Anda dapat memesan layanan internet selama sebulan unlimited dengan harga 30 dollar AS. Atau membayar 15 dollar AS untuk kapasitas 250 megabyte. Ketika habis, Anda dapat membeli 250 MB lainnya atau cukup meng-upgrade ke pilihan unlimited.

 

 

Anda pun dapat membatalkan dan bergabung kembali sesering yang Anda inginkan – cukup Maret, Juli dan November, misalnya – tanpa sanksi. Operator lain mungkin akan ‘mengutuk’ AT & T untuk pengaturan semacam ini.

Anda bisa leluasa mencoba aplikasi yang khusus dirancang untuk layar iPad yang lebih besar. Ini membuat Anda tidak perlu melakukan zooming atau panning. Kemudahan ini membuat Koran-koran mereproduksi tata letak, foto dan warna secara nyata. Komik-komik The Marvel, misalnya, dapat tampil dengan cemerlang di layar iPad.

Berbicara soal video, Apple menyatakan bahwa baterai iPad tahan selama 10 jam. Dan Dari hasil pengujian, film yang diputar terus menerus pada iPad dapat bertahan lebih dari 12 jam, empat kali lebih lama dari laptop pada umumnya atau DVD player portabel.

 

Meski sesungguhnya tidak memenuhi syarat sebagai sebuah kategori baru gadget, iPad begitu cepat dan ringan, layar ‘multitouch’-nya begitu cerah dan responsif, perangkat lunaknya mudah dinavigasi. Beberapa menyarankan bahwa iPad mungkin membuat kesalahan untuk technophobes bagi orang tua dan orang muda.

Hal lainnya, iPad bukan laptop meski jauh lebih nyaman untuk membaca buku, mendengar musik, melihat video, foto, Web, e-mail dan sebagainya. Bagi kebanyakan orang, memanipulasi materi digital secara langsung dengan menyentuh mereka adalah pengalaman yang benar-benar baru dan sangat memuaskan.

 

Intinya, iPad dirancang dan dibangun oleh sekelompok perfeksionis. Jika Anda menyukai konsep ini, Anda akan menyukai iPad. Pertanyaannya adalah apakah Anda menyukainya?

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s