BOOK REVIEW – DUNIA MUSIK

To be able to play a piece of music with perfect technique is awesome, but to play it with musicality is amazing and perfect for anyone.
Eya Grimonia

 

Judul              :   Dunia Musik: Sains-Musik Untuk Kebaikan Hidup
Penulis           :   Eya Grimonia
Penerbit        :   Nuansa Cendekia
Cetakan         :   I, Maret 2014
Tebal Buku   :   140 halaman
Harga             :   Rp 58.500,-

 

Sosok yang memukau. Kesimpulan ini tak berlebihan jika menyimak 140 halaman karya Rosery Diella Grimonia atau Eya Grimonia. Ia adalah seorang violis belia berbakat yang banyak mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang. Eya Grimonia yang masih berusia 18 tahun berhasil mengangkat aneka detail berharga dari dunia musik yang digelutinya.

Buku ini terdiri dari lima bagian yang mengupas aneka pengetahuan sekaligus perenungan soal dunia musik yaitu Menyapa Musik; Evolusi Musik; Otak, Sains, dan Adaptasi Musik; Fungsi Musik; serta Musik, Sebuah Kesimpulan. Bagian-bagian ini tak hanya menyajikan wawasan umum mengenai dunia musik namun juga membuka kesadaran akan besarnya pengaruh musik dalam kehidupan manusia.

Bagian 1, MENYAPA MUSIK. Bagian ini berisi pengetahuan dasar tentang ihwal musik yang antara lain mengulas hal-hal pembentuk musik dan jenis-jenis musik. Bagian ini pun membahas soal keseimbangan musik yang mendorong kita mengabaikan pikiran ‘terlambat’ untuk belajar musik. Bagian ini ditutup dengan perenungan soal tujuan seseorang bermusik yang tentu saja bisa sangat beragam.

Bagian 2, EVOLUSI MUSIK. Menarik sekali mencermati perkembangan budaya dan sejarah musik dari masa ke masa mulai dari periode musik klasik hingga musik era digital abad 22. Perkembangan sejarah musik ini otomatis memperkaya warna musik dunia dengan ciri khasnya masing-masing. Sebut saja jazz, hip hop, country, pop, blues, emo, metal, R&B, Reggae, dan Swing.

Bagian 3, OTAK, SAINS, DAN ADAPTASI MUSIK. Setelah menjelaskan pengetahuan dasar musik pada dua bagian awal, sejak bagian ini Eya mulai membawa kita menelaah lebih dalam tentang kaitan musik dengan otak, emosi, psikologi, bahkan sains atau ilmu pengetahuan.

Musik dapat merangsang neuron-neuron dalam otak, mendorong mereka menghasilkan hormon tertentu yang akhirnya membuat kita merasakan kesedihan, keriangan, dan sebagainya. Eya menulis bahwa ketika sebuah lagu kian menyentuh emosi kita, kita akan terhipnotis oleh lagu tersebut.

Mengutip Dr Jeffrey Thompson dari Pusat Penelitian Neuroacoustic di San Diego, ketika kita mendengar lagu apapun, secara otomatis gelombang otak kanan akan mengikuti irama lagu yang kita dengar. Eya menambahkan beberapa catatan penelitian lainnya soal kaitan musik dengan otak dan psikis manusia. Pada bagian ini, Eya juga menjelaskan perihal tangga nada dan jenis-jenisnya.

Pikiran-pikiran Eya soal musik dapat kita temukan pada Bagian 4, FUNGSI MUSIK. Eya menjabarkan pentingnya kreativitas dan manajemen waktu saat bermusik, juga bagaimana musik merangsang sel-sel otak dalam cingulate cortex atau limbic cortex sehingga kita dapat menjumpai perilaku irasional dalam musik seperti Beethoven yang menjadi konduktor orkestra ternama dunia meski tuna rungu.

Fakta bahwa tidak ada standar yang pasti dan mutlak dalam bermusik juga dijelaskan Eya dengan baik. Pada bagian yang sama, Eya tak lupa menyadarkan kembali akan fungsi musik sebagai bahasa dunia yang dapat merangkai sebuah cerita lengkap dengan emosi yang terkandung di dalamnya. Secara ajaib, musik juga dapat mengaktifkan penyembuhan batiniah dalam tubuh kita. Ia adalah terapi.

Dalam bagian pamungkas berjudul MUSIK, SEBUAH KESIMPULAN, Eya membahas isu yang paling sering dibahas dunia musik: teknik dan musikalitas. Berbekal pengalamannya sendiri, Eya menelurkan sebuah kutipan yang sangat menarik seperti yang telah ditulis pada bagian atas tulisan ini. Eya menguatkan harapan kita bahwa kesempatan itu datang dari manapun, kapanpun, di manapun.

Secara keseluruhan, buku ini tak hanya menarik dibaca oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia musik namun juga oleh siapapun yang senang menikmati musik. Tak hanya memberi wawasan umum soal musik, buku ini membawa kita menyelami sisi-sisi musik yang mempengaruhi kepribadian kita.

Bertambah menarik ketika buku yang kata pengantarnya ditulis Dwiki Dharmawan ini digarap oleh seorang musisi belia yang sudah berkecimpung mengharumkan nama bangsa. Dengan bahasa sederhana namun renyah, pikiran-pikiran dan nilai-nilai Eya sebagai musisi tertuang jelas, memukau untuk usianya.

Buku ini menjadi referensi makin berharga karena kita dapat mendengar langsung CD berisi tiga judul permainannya yaitu Evolusi Cinta, Madenda Dance, dan The Colours of My Heart. Apa yang ia tulis dalam bukunya lebih jelas tergambar, sebuah theme song yang amat memikat. Tak salah jika menyebut buku ini sebagai kolaborasi sempurna seni dan intelektualitas seorang musisi bertalenta. Bravo! (***)

 

Advertisements

3 thoughts on “BOOK REVIEW – DUNIA MUSIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s